1kepricom
Follow 1kepricom Like Follow
6 bulan, 3 minggu, 1 hari lalu | dilihat sebanyak 444 pembaca

Wisata Halal Sumbar Dilirik Arab Saudi

redaksi - 1kepricom
Pulau Cubadak Mandeh Sumatera BaratPulau Cubadak Mandeh Sumbar. (net)

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Arab Saudi tertarik untuk masuk di sektor pariwisata Sumatra Barat. Salah satu destinasi yang diunggulkan yakni Mandeh yang disebut sebagai Raja Ampat-nya Sumatra.

"Tadi diinstruksikan oleh Wapres untuk membuat proposal untuk Sumatra Barat, karena memang mereka sangat tertarik," ujar Arief usai rapat koordinasi pariwisata di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (3/3).

Arief menjelaskan, Sumatera Barat dipilih karena sudah menjadi pariwisata halal bersama dengan Lombok dan Aceh yang menawarkan pariwisata ramah. Selain itu, Arab Saudi juga tertarik di NTB dan Tanjung Kelayang Bangka Belitung. Kedatangan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Al Saud dapat menjadi promosi untuk meningkatkan pariwisata di Indonesia.

Kementerian Pariwisata mencatat, pada 2016 jumlah wisatawan Timur Tengah sebanyak 240 ribu meningkat dari 2014 sebesar 180 ribu. Jumlah wisatawan Timur Tengah masih kalah dengan wisatawan Malaysia yang sudah mencapai 300 ribu. Arief berharap dengan kedatangan Raja Salman wisatawan Timur Tengah bisa meningkat menjadi 360 ribu dan dapat melebihi jumlah wisatawan Malaysia. (rpc)