1kepricom
Follow 1kepricom Like Follow
1 tahun, 2 bulan, 1 hari lalu | dilihat sebanyak 6507 pembaca

Waduh! PLTU Tanjungkasam Bak Perusahaan Cina

redaksi - 1kepricom
PLTU Tanjungkasam

Batam (1kepri.com) - Komisi IX DPR RI dibuat terkejut saat sidak di PLTU Tanjungkasam. Bagaimana tidak, ratusan pekerja asing asal Tiongkok ternyata sudah bertahun-tahun berada di sana sebagai buruh maupun tenaga ahli. Mereka bekerja sebagai buruh, maintenance, serta engineering. Bahkan, para pekerja asal Tiongkok itu sudah ada sejak 10 tahunan lalu. Yang membuat wakil rakyat itu tercengang, ternyata mesin PLTU Tanjungkasam mesin asal Tiongkok.

Di sekeliling perusahaan, tulisan-tulisan Tiongkok mendominasi di sekitar lokasi PLTU meski diimbangi dengan bahasa Indonesia di bagian bawahnya. Dilansir media di Batam, mulai dari pemasangan segala macam mesin di PLTU tersebut menggunakan tenaga asal Tiongkok.

“Soalnya, tidak seorang pun orang Indonesia yang bisa bahasa Tiongkok apalagi memasang mesin asal Tiongkok tersebut,” ujar salah seorang sumber.

"Sungguh disayangkan kalau aksara Cina dominan di perusahaan ini, jadi terjadi kesenjangan antara Cina dan Indonesia," ujar Ermalena, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI di lokasi PLTU Tanjungkasam, Jumat (22/7). (r)